Runtuhnya Hegemoni Amerika

Setelah berakhirnya perang dingin dan tumbangnya kekuatan raksasa Uni soviet menyisakan Amerika sebagai satu-satunya negara super power di dunia, kesempatan tersebut telah mendorong Amerika untuk mendeklarasikan dirinya sebagai polisi dunia tahun 1960-an. Setelah mendeklarasikan dirinya sebagai polisi dunia, Amerika mulai menunjukkan sikap hegemoninya terhadap Negara lain dimana militernya mulai beraksi di sejumlah Negara seperti Haiti, Bosnia, Kosovo dan Iraq dalam perang teluk satu.
Keberadaan Amerika sebagai polisi dunia diterima oleh sejumlah negara dunia mulai dari konsep hegemoni, sehingga setiap sikap, aksi, arogansi, kekerasan, teror, dan konflik yang dikorbankan Amerika mengatasnamakan ‘perdamaian’ dunia selalu saja mendapatkan legitimasi di mata Negara-negara dunia.
Tanpa terasa 20 tahun telah berlalu Amerika menundukkan Negara-negara dunia melalui konsep hegemoni dan konsep Pre Emptive strike-nya hingga dipenghujung tahun 2009 Amerika diguncang oleh krisis ekonomi yang merupakan awal dari keruntuhan sebuah hegemoni. Terdapat beberapa sebab terjadinya keruntuhan hegemoni Amerika yang diuraikan dalam buku ini yang antara lain krisis ekonomi, lahirnya Negara- negara pembangkang, bangkitnya kekuatan Islam politik, dan potensi yang dimiliki dunia Islam.
Buku ini tergolong sebagai salah satu referensi lengkap tentang hegemoni Amerika dalam lintasan sejarah dunia. Buku ini turut mengetengahkan sosok George Bush dan politik kekuasaannya, buku ini pula mengupas tentang terorisme dan sosok ketokohan Osamah bin Laden yang menuai simpati dari kelompok muda muslim.
Buku ini sangat penting bagi mereka yang memiliki konsentrasi tentang politik Internasional, kebijakan politik luar negeri Amerika Serikat, dan mereka yang concern dengan ekonomi internasional relevansinya dengan keruntuhan sebu ah hegemoni. kehadirannya bagi Selanjutnya buku juga masyarakat umum yang ingin mengetahui ini sangat penting memberikan sudut pandang tersendiri bagi kita yang berada di Indonesia dalam mensikapi hegemoni Amerika tersebut.